Senin, 11 Oktober 2010

Resume pengantar bisnis modern bab 2

Nama : FERA LUFHIDARANI PRANITA
Kelas : 1EB19
NPM : 22210722

Bab 2
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP
PERUSAHAAN

Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita.Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia.
Istilah tanggung jawab sosial menunjukkan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh sosial seperti bidang kesehatan ,informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi dan pemeliharaan lingkungan fisik.

 Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan adalah semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
Masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi perusahaan adalah untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahan tersebut.
Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Pluralistik mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.

Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyeludupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal, dan sebagainya.
Tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, dan politik saja, tetapi juga menyangkut lingkungan fisik seperti : limbah pabrik, sampah pabrik, limbah kimia, polusi udara yang semua itu dapat merusak lingkungan kita.



LINGKUNGAN FISIK, ENERGI
DAN KONSERVASI

Salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan banyak biaya adalah yang menyangkut lingkungan fisik.
 Ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dan lingkungannya. Lingkungan kita semakin menurun diakibatkan oleh :
a. Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
b. Perkembangan IPTEK
c. Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.

 Macam-macam polusi
Polusi adalah perusakan alam disekitar kita. Macam –macam polusi tersebut adalah :

Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah terkontraminasinya udara disekitar kita yang disebabkan oleh pabrik-pabrik, kendaraan dan asap-asap yang menimbulkan banyaknya karbondioksida (CO2) dibandingkan oksigen (O2).

Pencemaran Air
Pencemaran air berasal dari berbagai macam sumber seperti : lingkungan industri, pemukiman, dan lingkungan pertanian. Air yang biasanya sudah tercemar ditandai oleh : berbau, berwarna, berbusa dan tidak fresh (terasa sabun, besi bahkan kaporit ).
Air yang bertanda seperti itu tidak baik untuk dikonsumsi karena sangatlah berbahaya bagi kesehatan.

Pencemaran Sampah Awet
Sampah awet seperti : pelastik, kaleng, karet, dan botol. Sampah ini tidak dapat diuraikan layaknya sampah organik,sampah ini hanya bisa dmusnakan dengan api tetapi asapnya juga dapat mencemari udara oleh sebab itu salah satu solusi yang tepat untuk masalah ini adalah dengan cara mendaur ulang kembali sampah-sampah awet ini.

 Energi dan Konservasi
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan seperti minyak tanah, gas alam, batu bara, BBM, dan air. Tetapi akhir-akhir ini sudah banyak yang menggunakan sumber energi matahari serta kemungkinan penggunaan tenaga nuklir.


LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN
PERPAJAKAN

 Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak. Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Meningkatnya pengeluaran Pemerintah ini merupakan suatu tendesi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi. Dikota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya dan sebagainya telah mengalami urbanisasi yang cepat, alasan penduduk pidah kekota adalah keinginan memperoleh pendidikan yang tinggi, pekerjaan yang enak dan gaji yang cukup besar. Tetapi sikap ini pun dapat menyebabkan masalah pengeluaran pemerintah semakin banyak seperti perlindungan kebakaran, pengaturan selokan-selokan, penyediaan air minum dan sebagainya.
Setiap periode pembangunan, pengeluaran-pengeluaran untuk keperluan pertahana juga semakin meningkat. Apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran ini maka kebutuhan-kebutuhan lainnya akan lebih banyak terpenuhi.

 Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Apabila pengeluaran Pemerintah lebih besar dari penghasilannya, maka akan terjadi defisit. Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah antara lain :

a. Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung biasanya dikenakan pada barang-barang seperti roko, tembakau, minuman keras dan sebagainya. Pajak tersebut dinamakan Pajak Penjualan (PPn).
Macam-macam pajak lainnya yang termasuk pajak tidak langsung seperti pajak penjualan impor, cukai, bea masuk, pajak ekspor, dan sebagainya.

b. Pajak Langsung
Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan pajak. Macam pajak lain yang termasuk pajak langsung adalah pajak pendapatan (PPd), pajak perseroan (PPs), dan pajak dividen.

Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :
• Penerimaan dalam negri seperti : pajak langsung, pajak tidak langsung, penerimaan minyak, dan penerimaan bukan pajak.
• Penerimaan pembangunan seperti : bantuan program dan bantuan proyek.
Sedangkan seluruh pengeluaran Pemerintah dapat dikelompokkan menjadi :
• Pengeluaran rutin : belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom, bunga dan cicilan utang.
• Pengeluaran pembangunan : melaksanakan sektor maupun pembangunan regional.

LINGKUNGAN HUKUM

Kegiatan perusahaan berada didalam suatu kerangka hukum, sehingga faktor hukum ini mempengaruhi keputusan-keputusan serta transaksi-transaksi dalam perusahaan
Hukum yang ada di Indonesia dapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :

 Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum.
 Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat.

LINGKUNGAN PEMERINTAH

Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekeyaan dan hak paten serta pengadaan kontrak-kontrak. Disini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing-masing sektordalam perekonomian.

 Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan. Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah, bantuan ini sering dinamakan subsidi.

a. Bantuan di Bidang Transportasi
Usaha-usaha Pemerintah melalui perusahaan-perusahaan seperti Garuda Indonesia Airways (GIA)disektor udara, PELNI disektor angkutan laut dan DAMRI disektor angkutan darat.

b. Bantuan pada Perusahaan-perusahaan Kecil
Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :
 Bantuan finansial dalam : berupa kredit (kredit investasi kecil, kredit modal kerja dan Candak Kulak)
 Bantuan pemberian kontrak : berupa jasa maupun pembelian hasil produk.
 Bantuan teknik dan manajemen : berupa simpan pinjam (koprasi)

c. Bantuan di Bidang Komunikasi
Bantuan komunikasi meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televisi, telepon dan sebagainya. Usaha-usaha ini sangat mendorong majunya usaha dibidang komunikasi.







LINGKUNGAN INTERNASIONAL

Internasional juga sangat berpengaruh terhadap suatu perusahaan, dengan adanya suatu interaksi atar negara dapat mempermudah perusahhan tersebut mengembangkan sayap kemakmuran perusahaannya.

 Neraca Pembayaran Internasional
Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasional seperti hutang dan piutang.
Setiap negara mempunyai kelebihan hasil barang yang tidak sama dengan negara lain perbedaan hasil barang ini disebut dengan keunggulan komparatif.
Dengan dilakukannya perdagangan internasional negara yang tidak bisa menghasilkan barang seperti negara lain maka saat ini negara tersebut bisa menikmati barang yang diproduksikan negara lain.

 Perusahaan-perusahaan Multinasional
(Multinational Corporation)
Perusahaan-perusahaan multinasional kebanyakan berada dinegara Eropa, Amerika dan Jepang. Mereka memperluas pasarnya kenegara-negara lain dengan tujuan untuk menampung kelebihan hasil produksinya diatas kebutuhan untuk konsumsi dalam negri.

 Kegiatan-kegiatan Multinational
Perusahaan-perusahaan multinational bertujuan memasarkan barang hasil produksinya keseluruh negara, kemudian mendirikan perusahaan lain diseluruh negara. Untuk menjalankan kegiatannya perusahaan tersebut dapat berbentuk suatu join venture, perjanjian lisensi atau kontrak-kontrak khusus yang ditandatangani bersama dengan Pemerintah.

 Ciri-ciri Perusahaan Multinational
PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatannya meliputi usaha-usaha pengolahan / manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara.

 Kebaikan Perusahaan Multinational
• Menambah devisa negara
• Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor disektor industri
• Menambah pendapatan negara
• Menambah kesempatan kerja
• Meningkatkan taraf hidup karyawan
• Meningkatkan kemampuan dan keterampilan karyawan
• Memodernisir industri
• Menambah arus barang
• Memperluas pasar
• Ikut mendukung pembangunan nasional.
 Keburukan Perusahaan Multinational
• Makin banyaknya Perusahaan Multinational yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara
• Dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara

 Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
Untuk menjual barang keluar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri, sering diperlukan adanya lembaga perantara. Perantara ini disebut middlemen, dibedakan kedalam empat golongan.

a. Export and Import Commission house
Export Commission house menerima pesanan dari pembeli-pembeli diluar negeri. Sedangkan Import Commission house malakukan hal yang serupa bagi pembeli-pembeli didalam negeri

b. Merchant Exporters and Importers
Merchant Exporters and Importers memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan, jadi bukan komisi.

c. Manufacturer’s Export Agents
Export Agents bertindak sebagai departement / bagian ekspor dari sebuah perusahaan / produsen atau sekelompok perusahaan.

d. Export and Import Brokers
Makelar (broker) dalam kegiatan ekspor-impor berusaha mempertemukan pembeli dengan penjual bersama-sama.

 Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digolongkan kedalam dua kelompok yaitu barang-barang bukan migas dan migas (minyak dan gas)
Dan barang yang di import oleh Indonesia selama ini meliputi tiga macam yaitu barang konsumsi, bahan baku, dan barang modal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar